page contents

Selasa, 23 Juni 2015

Diving - Wisata Halmahera Utara (Provinsi Maluku Utara)




Pulau Halmahera berada di antara Selat Lembeh dan Kepulauan Raja Ampat yang bertepatan di pusat Coral Triangle. Terletak di antara Manado dan Raja Ampat yang sudah lebih dahulu populer sebagai surga menyelam, Halmahera berpotensi menjadi surga menyelam Indonesia berikutnya. Pulau Halmahera merupakan pulau terbesar di Provinsi Maluku Utara

Sumber: www.panda.org
Keanekaragaman Hayati Terkaya di Dunia!

Keindahan alam yang masih terjaga, baik di atas maupun bawah air, benar-benar menjadikan Halmahera tak tertandingi. Halmahera banyak dikomentari para pecinta diving sebagai penyelaman terbaik yang pernah mereka lakukan. Pulau Halmahera juga memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi. Penelitian yang dilakukan oleh Conservation International mengindikasikan bahwa bagian utara Indonesia, dari Sulawesi sampai ke bagian barat Papua mungkin memiliki keanekaragaman hayati bawah laut terkaya di dunia. Para peneliti karang mencatat bahwa terdapat 450 spesies, yakni lebih dari setengah jenis terumbu karang di dunia atau sekitar 56% tercatat hanya di sekitar perairan Halmahera. Para peneliti ikan juga mencatat sekitar 686 spesies termasuk dua spesies baru, yaitu 12 persen dari total spesies ikan dunia dan 31 persen dari jumlah yang pernah tercatat berada di perairan Halmahera. 

Tidak hanya ikan dan karangnya saja yang beragam, tapi juga secara geologi. Hal ini menandakan bahwa karakteristik situs-situs menyelam di sini juga sangat beragam. Sebagai pusat dari segitiga terumbu karang dunia, menyelam di Halmahera sudah tentu menjanjikan pengalaman unik yang tak terlupakan bagi Anda.

Halmahera Utara
Untuk lokasi diving di Halmahera Utara sendiri tercatat memiliki 50 titik selam. Titik-titik selam tersebar baik di perairan Kepulauan Tobelo (Laut Halmahera) maupun di perairan Kepulauan Loloda Utara (Laut Maluku).

Sumber: Pemda Halmahera Utara
Musim Menyelam
Waktu terbaik untuk menyelam adalah Oktober sampai Mei, sementara antara bulan Juni sampai September penyelaman juga masih dapat dilakukan dengan visibilitas yang cukup baik. Musim hujan biasanya berlangsung selama Desember sampai April. Namun, sebaiknya Anda cek ramalan cuaca terlebih dahulu.

Pusat Perlengkapan Selam
Diving Center di Pulau Kakara, yakni sekitar 10 menit dari pelabuhan Tobelo dengan perahu ketinting ataupun speedboat, merupakan satu-satunya tempat di Halmahera Utara yang dapat memenuhi kebutuhan perlengkapan menyelam Anda. Namun, diving center ini belum tentu setiap hari buka, sehingga sebaiknya Anda terlebih dahulu menghubungi staf Tourist Information Center atau kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk keperluan ini.

Operator Menyelam
Jika Anda memerlukan jasa ke titik penyelaman terbaik maka Anda bisa menghubungi Halmahera Tour yang merupakan satu-satunya operator menyelam di Halmahera Utara. Halmahera Tour juga memiliki program khusus bagi para diver pemula. Lebih lengkapnya, Anda dapat mengunjungi situs www.halmahera-tour.com.

4 komentar:

  1. Pulau Halmahera emang ada diujung banget yaa? tapi indahnya itu loh, bikin takjub banget dah! apalagi buat yg suka banget sama diving, disini nih salah satu spot diving keren yg Indonesia punya

    BalasHapus
  2. mantapnih, mampir juga ke http://goo.gl/KGSO2B

    BalasHapus
  3. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus